Sabtu, 14 November 2009

chickens

Aaaah gue kangen banget sama almarhum AYAM AYAM gue(bener gak almarhum?) . EGUEK, TIMOTHY, BANGKOK, RAJA, dan lain-lain deh gue lupa namanya karna udah bertahun tahun lamanya hahaha. Gue ceritain betapa senang, bahagia dan sedihnya pengalaman-pengalaman gue bersama ayam-ayam tersebut. Ngahahaha

Waktu itu, umur gue kira-kira masih enam atau lima tahunan lah gue lupa, pokoknya gue belom sekolah SD. Harusnya sih gue TK tapi guenya gak mau karena gue NORAK !! haha. waktu itu gue dikasih telur sama tetangga gue yang punya banyak ayam, katanya sih dia gak mau banyak-banyak punya ayam. Akhirnya tuh telor dibagi-bagiin. Terus gue ambil satu, abis itu gue taro telornya di dalam tumpukkan kain, gue simpen di belakang rumah. Lama-lama telornya menetas gitu, dan lahirlah SEEKOR AYAM BERWARNA HITAM !!! JENG JENG JENG !! gue seneng banget, dan langsung jatuh cinta sama anak ayam itu. AYAM ADALAH CINTA PERTAMA GUE!! Sejak hari itu gue melihara ayam itu dengan baik sampe dia lumayan besar. Kemana-mana gue selalu bareng sang ayam yang belom gue kasih nama itu, makan bareng, main bareng, mandi bareng… aah dia SAHABAT SEJATI GUE. Sampe suatu hari, gue denger dia kayak berkokok tapi ngga berkokok karena dia ayam betina. Gue juga ngga ngerti, tapi bahasa yang dia pake aneh : EGEH, EGEH, EGUEK !! gitu bunyinya. Karena aneh, maka dia resmi gue kasih nama EGUEK !! gue dan EGUEK udah setahunan dan kita klop banget. Dia ayam yang sangat lucu, kalo dia lagi ngomong “EGEH EGEH EGUEK” mukanya langsung berubah warna jadi merah. Tapi kalo lagi diem, mukanya jadi putih lagi. Aneh. Gue inget waktu dulu gue sering banget main kuda-kudaan sama EGUEK. Dia yang jadi kuda, gue yang jadi manusia(jahat banget ayam dipaksa jadi kuda). Waktu itu gue dudukin punggung si EGUEK, tapi karna gak kuat nopang badan gue yang berat, si eguek sesak napas dan hampir meninggal, akhirnya gue nangis dan janji gak bakal main kuda-kudaan lagi sama dia. Hahaha. Beberapa bulan kemudian, EGUEK melahirkan anak, banyak banget anaknya . tapi yang berhasil gue peliara sampe gede, itu namanya TIMOTHY. Namanya terlalu keren ya, haha tapi itu nama gue ambil dari nama temennya CASPER, temennya CASPER itu seekor ayam. Nah, anak anak EGUEK yang lainnya ga berhasil gue pelihara Karena mereka semua dipotong diem-diem sama nyokap gue buat lauk lebaran. Dijadiin ayam opor!!

Nyokap gue tau banget gue sayang sama binatang, terutama ayam. Pernah waktu itu, waktu lagi menjelang lebaran, waktu bangun pagi gue gak menemukan anak-anak ayamnya EGUEK. Yang ada Cuma si TIMOTHY. Gue Tanya nyokap bokap gue, bilangnya ngga tau. Akhirnya gue laper, nyokap gue ngasih makan gue OPOR AYAM. Lagi enak-enak makan, gue nanya sama nyokap , “Mah, enak nih ayamnya. Beli dimana?” nyokap gue dengan santai jawab “tadi pagi waktu kamu tidur mamah potongin anak anaknya eguek, nis” guepun muntah. Dan lari ke kamar lalu nangis kenceng seharian. Dan terus terusan bilang “MAMAH JAHAAAT !!! PENYIKSA BINATAAANG!!” . nyokap gue kayaknya syok karna gak nyangka gue bakalan sesedih ini. Akhirnya dia gak pernah potongin ayam-ayam gue lagi. HAHAHA

Oh iya, waktu itu pernah si TIMOTHY sakit, badannya lemes, kayaknya badannya juga demam. Gue langsung ambil obat BODREXIN, itu padahal obat kesukaan gue karena rasanya manis, tapi demi TIMOTHY gue rela berbagi. Gue tumbuk obat itu, gue kasih air sedikit, dan gue paksa TIMOTHY buat minum itu. tapi bukannya sembuh, dia malah tambah lemes. Akhirnya gue Cuma bisa berdoa dan dengan sepenuh hati gue cium mulutnya si TIMOTHY(itu first kiss gue, dengan seekor ayam) dengan harapan dia bakal sembuh. Besoknya dia pun SEHAT KEMBALI!! JENG JENG !! karena ngerasa gue hebat, akhirnya gue merubah cita-cita gue yang tadinya jadi tukang sayur menjadi DOKTER HEWAN. Keren kan, ckck.

Beberapa tahun kemudian, waktu itu bokap gue pulang dari kantor membawa ayam JAGO, AYAM JANTAN. Gue seneng banget karena belom pernah punya ayam jantan. Dia pun resmi gue kasih nama RAJA, maksudnya tuh karena dia satu-satunya yang jantan gituuu . karena gue udah punya tiga ayam, gue pun repot membagi waktu : sekolah, belajar, nonton tivi, baca majalah BOBO, main sama EGUEK, main sama TIMOTHY, dan main sama RAJA. Kayaknya mereka gak suka sama RAJA. Soalnya perhatian gue jadi terbagi buat RAJA. Karena si RAJA tidak disukai, dia pun jadi lemah dan jarang berkokok, dia juga lebih suka menyendiri dengan main di kebun sendirian. Gue kasian sama dia, akhirnya gue marahin EGUEK sama TIMOTHY tapi kayaknya mereka ngga ngerti bahasa manusia. Gue pun bingung. Sampai suatu hari, bokap gue bilang gini “Nisa, kamu mau ngga si RAJA dituker sama ayamnya temen bapak, ayamnya itu jenis ayam Bangkok, sebenarnya itu ayam mahal, tapi karena gak bisa bertelur, temennya bapak jadi males ngurusin. Gimana mau ngga ?” gue pun langsung mengangguk setuju. Gapapa deh, kasian juga si RAJA disini gak punya temen.

Akhirnya dengan berat hati gue melepaskan RAJA…. Dan datanglah si ayam Bangkok. Menurut gue,Dia lebih mirip sapi dibanding ayam. Badannya montok, warna bulunya hitam putih totol-totol kayak sapi. Terus dia kerjaannya dieeeeeeem aja. Pantes aja sih, dia kan katanya gak bisa bertelur. Gue pun mengajak main si Bangkok dan memperkenalkan dia dengan TIMOTHY dan EGUEK. Gue selalu main sama mereka, gue juga gak pernah lepas dari mereka, gue sering nonton tivi bareng di ruang tamu, sampe akhirnya nyokap ngomel-ngomel karna mereka berak sembarangan. Akhirnya gue jarang nonton sama mereka lagi. Suatu hari, ada yang aneh dari Bangkok, dia jadi sedikit murung. Gue udah kasih dia BODREXIN, PANADOL, dan obat-obat lainnya tapi gak ngaruh. Gue pun konsultasi sama nyokap, katanya sih dia mau ngelahirin. Tapi gue gak percaya, dia kan gak bisa bertelur, mustahil banget. Sampe akhirnya dia bener-bener bertelur. Gue kaget dan sibuk nyari sarang buat telur-telurnyai itu. akhirnya dia bisa BERTELUR berkat GUE!!! Pasti karena Bangkok bahagia bersama gue sampeakhirnya dia bisa bertelur. Hebaaaaat.

Beberapa bulan kemudian, gue semakin bahagia dengan lahirnya anak-anak ayam yang lucu dari Bangkok :). Hidup gue semakin berwarna… sampe suatu hari, gue pindah rumah. Ayam-ayam pun gak semuanya dibawa, Cuma Bangkok, Eguek, dan Timothy yang dibawa. Gue sedih banget karena harus ninggalin semua ayam-ayam yang tersisa. Di rumah yang baru, gue jadi jarang main sama ayam-ayam gue, karena waktu itu gue udah kelas 5 SD dan gak punya waktu lagi buat mereka. Sampai akhirnya si Bangkok meninggal. Gue sedih, tapi ikhlas. Terus, waktu itu lagi musim-nya penyakit TETELO( TETE LO?) penyakit yang nyerang pada unggas, dan TIMOTHY pun akhirnya kena penyakit itu dan mati dengan ganas. Gue sediiiiiiiiiiiiiiiiiiihhh banget dan relain kepergian dia. Beberapa bulan kemudian, EGUEK pun ikut menjadi korban . dia mati, dan Cuma EGUEK yang bikin gue sedih berkepanjangan. Gue jadi banyak melamun, kadang kalo gue lagi bengong, arwah EGUEK jalan-jalan di depan gue, dan dia minta gue nunggangin dia. Aaah bayangin aja, gue sama dia bersahabat 5 tahun lebih, dan dia pergi gitu aja ninggalin gue. Dan sejak itu, gue gak pernah lagi melihara ayam. Gue sedih kalo ayam-ayam itu sampe mati. Dan EGUEK bakalan terus ada di hati gue sampe kapanpun :) hhi.

PS : jangan marah ya sama cerita gue ini. hahaha, gue cuma iseng aja koook ... abisnya kangen sih sama ayam ayamkyuu... ! tapi sekarang sih gue udah jijik banget sama ayam tuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar